Cara Memilih Cairan Pembersih Buah
Cara Memilih Cairan Pembersih Buah - Banyak orang belum tahu cairan pembersih buah merupakan cairan yang berguna sekali untuk mereka yang sangat suka mengkonsumsi buah. Karena buah yang kita beli sebenarnya tidak akan sehat jika belum dicuci terlebih dahulu. Cara mencuci buah ini sebenarnya juga sudah banyak dipertanyakan orang. Buah impor merupakan salah satu buah yang paling banyak dipermasalahkan karena pada buah ini dibicarakan ada lapisan lilin yang melapisi buah ini sehingga harus dibersihkan dengan baik karena jika tidak akan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Cara Memilih Cairan Pembersih Buah Ada beberapa cara sebenarnya yang bisa kita lakukan untuk memilih cairan pembersih untuk buah. Tidak semua cairan ini memang baik untuk buah ada beberapa yang memang tidak disarankan. Berikut ini adalah cara memilih yang tepat antara lain
  1. Pilihlah cairan yang memang bertuliskan bisa digunakan untuk membersihkan buah, karena pada cairan seperti ini biasanya kandungan bahan kimianya tidak terlalu berbahaya dan akan aman untuk digunakan.
  2. Jangan menggunakan sabun colek karena akan berbahaya untuk buah, karena sabun jenis ini tidak disarankan untuk buah.
  3. Lihatlah kandungan kimia yang ada pada kemasan, pastikan bahwa kandungan kimia ini tidak akan berbahaya bagi tubuh kita.
Itulah sejumlah cara memilih cairan pembersih yang tepat, jika kita mengabaikan beberapa tips diatas memang akan berbahaya untuk kita. Buah yang sehat adalah buah yang bersih dan juga mengandung banyak vitamin. Ketika mencuci buah ini sebaiknya jangan pada saat buah sudah dikupas karena sangat berbahaya jika ada cairan kimia masuk ke dalam daging buah. Cucilah bagian luar buah seperti kulit buah. Baca juga : Peran Ibu Menjaga Kesehatan Keluarga Banyak orang yang berkata bahwa buah yang bersih pasti adalah buah yang baru saja dipetik. Pada kenyataannya buah tersebut juga membutuhkan cairan pembersih buah karena pada saat ditanam disemprotkan oleh cairan desinfektan. Pembersihan buah ini juga mudah kita hanya perlu mengoleskan sabun pada buah lalu kita gosok dan kita bilas bersih kembali sampai tidak ada kotoran pada permukaan buah. Sudahkah Anda mencuci buah yang akan Anda makan sebelumnya? Kebanyakan orang kadang tidak mau repot melakukannya, dan merasa bahwa mengupas kulitnya saja sudah cukup. Padahal, pestisida dan berbagai kotoran yang melekat di permukaan buah dari perjalanannya di tempatnya ditanam hingga di meja Anda menjamin bahwa ada banyak kuman dan bakteri melekat. Anda harus membersihkannya dengan cairan pembersih buah. Selain membersihkan pestisida yang masih melekat, cairan pembersih untuk buah juga berguna membersihkan lilin yang biasanya dipakai untuk melapisi kulit buah. Tahukah Anda kegunaan lilin ini? Jika Anda melihat buah yang mengkilap, terlihat ranum menggoda di supermarket, inilah fungsi dari lilin tersebut. Anda bisa membersihkan buah-buahan dengan cara:
  • Membilasnya dengan air.
  • Menggunakan sabun untuk cuci seperti Sunlight Anti Bakteri (aman untuk buah).
  • Menggunakan cairan pembersih buatan sendiri dengan cuka dan air dengan rasio 1:3.
Untuk mencuci buah-buahan (dan juga sayur) dengan tepat, Anda harus melakukan langkah-langkah berikut:
  1. Cuci dulu tangan Anda di bawah air hangat mengalir selama 20 detik sebelum memegang buah.
  2. Untuk buah yang akan diolah, kupas dan iris-iris buah, lalu buang bagian yang rusak.
  3. Cucilah dan gosok dengan lembut buah di bawah air dingin mengalir atau cairan pembersih.
  4. Jika produk buah tersebut cukup keras (seperti apel ataupun melon), Anda harus mencuci dengan air sambil menyikatnya menggunakan sikat khusus untuk buah.
  5. Keringkan buah sampai tak ada sisa air menggunakan kain yang bersih ataupun dengan tisu.
  6. Jika Anda sudah selesai mengolahnya dan masih ada sisa, segera simpan buah-buahan tersebut di lemari es sehingga awet.
Seperti yang Anda lihat, cairan pembersih buah tidak harus menjadi kewajiban ketika membersihkan buah-buahan. Namun tidak ada salahnya jika Anda melakukannya. Apalagi sekarang ini banyak produk dari Sunlight yang aman jika digunakan sebagai pembersih, dan tidak akan meninggalkan bekas pada buah yang akan Anda konsumsi. Jangan lupa pula, bersihkan tangan Anda sebelum dan sesudah memegang buah, sehingga tidak mengkontaminasinya.  

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.