Doa Ketika Menyembelih Hewan Qurban
Ketika hari raya Idul Adha tiba banyak diantara kita yang sudah mampu bahkan yang memaksakan diri untuk mengerjakan ibadah qurban dengan menyembelih hewan yang dijadikan qurban. Tujuan menyembelih ini sebagai rasa syukur dan juga mendekatkan diri kepada Allah. Dalam bahasa Arab sendiri Qurban artinya dekat atau mendekat. Berbagai persiapan pun dilakukan dalam ibadah qurban ini termasuk tata cara dan proses ketika menyembelih hewan qurban. Karena Salah satu yang moment yang paling ditunggu ketika datangnya Idul Adha adalah proses menyembelih hewan qurban. Ketika seseorang hendak menyembelih hewan qurban tentunya selain harus memenuhi syarat hewan yang akan disembelih, proses atau tata cara dalam menyembelihnya pun harus sesuai dengan yang diajarkan dalam syariat agama Islam. Diantara tata cara ini termasuk diantaranya doa ketika menyembelih hewan. Di dalam kitab karangan ulama begitu banyak hadits yang shahih menerangkan tentang bagaimana tata cara dan doa yang dapat dipakai ketika memotong hewan qurban, yang semuanya bersumber kepada nabi Muhammad SAW. Salah satu diantaranya kami bahas disini. Disunahkan sewaktu kita menyembelih hewan qurban dilakukan hal berikut :
  1. Membaca Basmalah, sebagai seorang muslim sudah sewajarnya kita harus mengamalkannya
  2. Membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, dengan bacaan shalawat yang biasa kita pakai misalkan bacaan shalawat ketika kita shalat.
  3. Membaca takbir sebagaimana takbir yang diucapkan ketika takbir hari raya
  4. Membaca do’a, diantara doa yang biasa dipakai.
  بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ وَمِنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ “Bismillahi allahumma taqabbal min muhammadin waali muhammadin wamin ummati muhammad”
  1. Hewan yang disembelih di hadapkan ke arah kiblat.
Banyak ulama lain yang mengajarkan doa ketika menyembelih hewan qurban, dan diantaranya yang ditulis di atas. Perbedaan dalam pembacaan doa pada saat menyembelih binatang tidak menjadikan kita saling menyinggung atau membenci satu sama lain. Karena inti dari doa adalah menyerahkan dan berharap hanya kepada Allah SWT.  

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.