5 Alternatif Menjemur Pakaian Tanpa Sinar Matahari

Menjemur pakaian di bawah sinar matahari adalah sesuatu yang sudah biasa dilakukan, apalagi jika di Indonesia yang mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Namun menjemur baju di bawah sinar matahari terlalu lama bisa menimbulkan efek samping yang tak terlalu diinginkan, yaitu warna baju yang memudar pelan-pelan. Oleh sebab itulah, Anda perlu mencari alternatif lain mengeringkan pakaian selain dengan matahari.

Cara penjemuran pakaian bebas matahari ini sendiri tidaklah sulit. Anda bisa melakukannya dengan peralatan yang sudah Anda punyai. Caranya:

  • Diangin-anginkan

Cara yang mudah adalah dengan menjemur baju Anda yang basah tersebut dekat dengan jendela atau ventilasi. Anda bisa melakukannya di loteng, atau di teras yang teduh.

  • Kipas angin

Bila Anda merasa angin biasa masih belum cukup cepat, Anda bisa menggunakan kipas angin sebagai cara praktis dalam mengeringkan baju.

  • Pengering rambut

Cara lain adalah dengan memanfaatkan hair-dryer Anda untuk mengeringkan baju-baju basah tersebut. Cukup lakukan dalam waktu 30 menit, baju akan kering.

  • Setrika

Berbeda tujuannya dengan setrika setelah mengeringkan baju. Anda memeras baju sampai kadar air sedikit, lalu setrika baju lembab tersebut, sambil disemprotkan pewangi agar tidak apek.

  • Microwave

Cara ini agak drastis dan tidak semua orang mempunyainya. Anda cukup memasukkan pakaian basah ke dalam microwave, dan setel suhu 130-150 derajat, cukup lakukan 5 menit saja agar baju tidak gosong.

Trik-trik di atas juga cukup berguna jika Anda sedang mencuci pakaian di saat sedang traveling dan tidak ada tempat yang cukup ataupun Anda hanya punya waktu terbatas untuk menjemur baju yang kotor. Alternatif lain? Bawa saja ke laundry untuk dibersihkan orang lain. Apalagi jika Anda tinggal di apartemen yang biasanya mempunyai banyak fasilitas laundry di dalamnya.

Apapun cara yang Anda gunakan untuk mencuci dan menjemur pakaian, jangan lupa untuk melakukannya dengan tepat, seperti meminimalisir penggunaan hanger agar baju Anda tidak berubah bentuk, memisahkan pakaian putih dan pakaian berwarna, serta memperhatikan jenis-jenis kain yang digunakan. Gunakan deterjen berkualitas seperti Rinso agar noda cepat hilang dan bau tetap wangi.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.