Resep Roti Kentang
Biasanya roti banyak dikonsumsi sebagai camilan ataupun untuk menu sarapan. Akan tetapi banyak orang yang merasa kurang kenyang jika hidangan sarapan disajikan dalam bentuk roti. Untuk membuat variasi masakan dan bahan, Anda bisa mencoba membuat resep roti kentang berikut ini yang mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat anggota keluarga anda di rumah. Berikut cara membuatnya. Bahan-bahan:
  • 2 ½ sdt ragi roti instan                                    500 gr tepung terigu Bungasari Golden Eagle
  • 350 gr kentang rebus matang                         1 butir telur ayam
  • 50 gr gula pasir                                                  75 gr margarin tawar
  • 125 ml susu cair tawar                                      1 ½ sdt garam halus
Cara membuat resep roti kentang :
  1. Cairkan ragi roti instan menggunakan susu cair hangat dan 1 sdt gula. Aduk hingga merata dan diamkan sebentar sampai mengeluarkan busa.
  2. Haluskan kentang rebus yang sudah matang menggunakan penggiling atau bisa juga menggunakan alat lain.
  3. Siapkan bahan-bahan utama roti lainnya. Gunakan mangkok besar untuk mencampur tepung terigu protein tinggi Bungasari Golden Eagle dengan garam, gula dan margarin tawar. Remas-remas dengan tangan hingga semua bahan tersebut tercampur.
  4. Selanjutnya tuangkan kentang yang sudah di haluskan ke dalam adonan tersbur. Remas-remas lagi hingga merata.
  5. Tambahkan cairan ragi, telur dan sisa susu cair sedikit demi sedikit sambil terus mengaduk adonan agar tercampur dan membentuk tekstur yang kalis. Diamkan selama 5 menit sambil di tutup dengan plastik wrap.
  6. Selanjutnya buka pembungkus plastik, dan uleni adonan tersebut dengan penggiling selama 10 menit. Kemudian bulatkan adonan dan dilumuri permukaannya dengan minyak goreng. Bungkus kembali dengan plastik wrap dan diamkan selama 1 jam hingga adonan mengembang dua kali.
  7. Kempiskan kembali adonan sebelum di bagi menjadi beberapa bagian sesuai keinginan Anda. Ambil kurang lebih 35 gr adonan untuk setiap bagian lalu bulatkan. Letakkan bulatan roti pada loyang dan panggang dengan suhu 180 derajat celsius selama 25 menit atau hingga roti berwarna kuning kecokelatan.
Demikian resep roti kentang yang dapat menjadi variasi sajian roti di rumah Anda.    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *