Kegunaan Dan Cara Kerja Pompa Piston!

Salah satu jenis reciprocating pump ialah pompa piston yang memiliki komponen penekan fluida berupa piston atau batangan baja dengan lempengan baja di ujung membentuk huruf T. Pompa jenis ini sering dimanfaatkan untuk pertambangan minyak bumi, sebab didesain khusus untuk industri tersebut. Tidak heran jika digunakan pada lokasi atau fluida bertekanan tinggi justru bisa bekerja secara optimal. Hal sebaliknya malah akan merusak pompa jenis piston ini.

Dengan pompa piston anda bisa menghemat tenaga untuk proses pemompaan cairan minyak bumi yang memiliki titik didih cukup tinggi. Adapun cara kerja dari pompa reciprocating jenis piston ialah :

  • Komponen yang disebut torak akan bekerja atau bergerak bolak-balik untuk menggerakkan komponen piston.
  • Gerakan ini akan membuat cairan minyak masuk melalui komponen katup isap atau sunction valve untuk masuk ke silinder.
  • Saat silinder berisi cairan minyak akan ditekan oleh piston ke bagian mulut pompa atau discharge valve.
  • Fluida minyak bumi murni akan bisa naik ke permukaan untuk kemudian diolah.

Komponen penyusun pompa piston terbilang lebih sedikit namun meskipun demikian untuk perawatannya memerlukan dana yang tidak sedikit. Besarnya biaya perawatan sebanding dengan hasil yang didapatkan sebab tidak semua pompa bisa bekerja optimal di lokasi bertekanan tinggi. Desain yang pas dipadukan dengan cara kerja yang tepat menjadikan cairan minyak dengan titik didih tinggi bisa dipindahkan tanpa masalah. Untuk itu selalu gunakan reciprocating pump jenis pompa piston untuk kemudahan penambangan minyak bumi!

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.