Khasiat Daun Jambu Sebagai Obat Muntaber dan Radang Usus Buntu
jambu klutuk Ternyata banyak sekali tanaman disekitar kita yang kita anggap sepele padahal tanaman tersebut banyak sekali manfaatnya bagi kita. Bukan hanya untuk dimakan dan dijadikan sayuran, akan tetapi dipakai sebagai obat tradisional pun ternyata sangat ampuh. Barangkali kita bukannya tidak mau tapi belum mengetahuinya. Nah kali ini saya akan bagikan manfaat dari daun jambu. Siapa yang tidak mengenal tanaman yang satu ini. Semua orang juga pasti tahu. Kali ini saya hanya akan membahas bagian dari tanaman jambu tersebut yaitu bagian daunnya saja. Ternyata daun jambu sangat berkhasiat bagi kita terutama dalam mengatasi radang usus buntu dan muntaber. Adapun jenis daun jambunya pun tidak sembarang daun jambu, akan tetapi daun jambu yang berkhasiat untuk mengobati muntaber adalah daun jambu biji. Sedangkan daun jambu yang berkhasiat untuk mengobati radang usus buntu adalah daun jambu klutuk. Adapun cara dalam pengolahannya adalah sebagai berikut :
  1. Pengolahan daun jambu untuk penyakit muntaber
  • Siapkan 7 lembar daun jambu biji yang masih segarjambu biji
Siapkan 1 buah pisang biji dan 1 sendok makan teh Daun jambu dan pisang biji ditumbuk kemudian diseduh dengan teh hingga menjadi satu. Seduh dengan air dan disaring airnya kemudian diminum. Diminum 3 sampai 4 kali sehari. Lakukan terus sampai 4 hari dan rasakan khasiatnya
  • Siapkan daun sambung sebanyak 25 gram, temulawak 10 gram, dan meniran 10 gram. Kemudian semua bahan tersebut direbus jadi satu  dengan ditambah air sebanyak 1 liter sampai benar-benar masak. Tiriskan dan diminnum 4 kali sehari.
2. Pengolahan daun jambu untuk penyakit radang usus buntu daun jambu1
  • Siapkan daun juambu klutuk sebanyak 10 lembar, arang kayu jati ½ potong jari, dan air sebanyak 1 gelas. Kemudian rebuslah semua bahan tersebut hingga airnya tersisa setengahnya. Selagi hangat diminum sekali langsung habis dan lakkan sebanyak 2 kali sehari.
  • Siapkan umbi bawang sabrang sebanyak ¾ jari, dicuci kemudian diparut dan diremas dengan madu sebanyak 2 sendok makan, peraslah dan minum 2 sapai 3 kali sehari sebanyak 3 sendok makan.
Nah sahabat, itulah beberapa khasiat dan cara pengolahan dari daun jambu yang banyak terdapat disekitar rumah kita. Selamat mencoba ya...

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.