Tips Aman Dalam Mendaki Gunung
mendaki3 Menjadi pecinta alam memanglah banyak digemari terutama oleh anak remaja karena penuh tantangan dan banyak pengetahuan yang berasal dari alam. Pendakian adalah suatu kegiatan yang sering dilakukan oleh para pecinta alam. Selain panorama alam yang akan kita rasakan juga suasana yang tenang dapat menjernihkan pikiran kita yang lelah dan jenuh setelah beraktivitas seharian. Tentunya untuk mendaki gunung diperlukan keterampilan dan persiapan yang cukup. Karena hal itu dapat mempengaruhi kenyamanan kita dalam mendaki dan hidup di alam bebas. Nah apabila anda baru pertama kali dalam mendaki ataupun belum terlatih dalam pendakian, kali ini saya bagikan tips yang aman dalam mendaki. Berikut tipsnya :
  1. Buatlah rencana perjalanan anda dengan jelas. Sebuah rencana yang jelas akan membantu anda mematuhi aturan dan jadwal perjalanan anda semakin nyaman. Anda akan terhindar dari pemunduran jadwal perjalanan anda karena beberapa hal seperti hujan dan lain sebagainya sesuai dengan adat daerah yang akan ditempuh.
  2. Selidiki tempat yang dijadikan tujuan. Menyelidiki tempat yang akan anda datangi bisa dilakukan dengan mencarinya lewat internet atau bertanya langsung pada orang yang pernah ke tempat itu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui keadaan cuaca, iklim, adat, aturan, lingkungan, rute dan kebiasaan masyarakat setempat. Keselamatan dan kelancaran anda dalam mendaki sangatlah bergantung pada penyelidikan ini.
  3. Siapkan Peralatan yang dibutuhkan, tidak perlu membawa peralatan dengan banyak,,cukup yang penting saja seperti pisau atau belati, sleepingbag, jaket, wadah air, korek api, senter dan lainnya yang kira-kira sangat penting.
  4. Siapkan makanan yang awet dan tahan lama, mie instan adalah salah satu makanan yang menjadi favorit para pendaki, selain itu beras dan umbi-umbian sangat penting untuk dibawa.
  5. Siapkan obat-obatan P3K beserta buku panduannya.
  6. Bawalah selalu kompas dan GPS untuk memudahkan pencarian apabila tersesat.
  7. Patuhi etika adat setempat. Biasakan terlebih dahulu untuk meminta ijin pada penunggu gunung atau kuncen.
Itulah beberapa tips yang dapat anda gunakan sebagai panduan anda untuk mendaki gunung. Kegiatan pecinta alam ini memang penuh dengan tantangan dan bahaya yang selalu tak terduga. Oleh karena itulah kehati-hatian sangatlah perlu untuk kita pegang sebagai prinsip demi kemanan kita dalam menjalani hobbi atau kesenangan kita. mendaki1 mendaki2

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.