Wisata Candi Ijo Perambanan Yogyakarta
Jika anda ingin merencanakan liburan, rencanakanlah sebuah liburan yang menyenangkan sekaligus sarat akan ilmu pengetahuan. Ada salah satu tempat di Yogyakarta yang menyuguhkan tempat wisata tersebut yaitu deretan candi yang berada di daerah Perambanan, salah satunya adalah Candi Ijo.

candi ijo

Candi Ijo terletak di Dukuh Groyokan Des. Sembirejo Kec. Perambanan Kab. Yogyakarta. Candi ini berada disebuah lereng sebelah Barat yang terletak di sebuah bukit yang memang jauh dari keramaian yaitu di kawasa Barat Yogyakarta, tepatnya di Selatan Candi Ratu Baka.

candi ijo.jpeg6

Candi Ijo memiliki luas sekitar 0,8 hektar, namun diperkirakan sesungguhnya luas dari candi ini lebih luas dari lahan yang telah di buka oleh pemerintah setempat. Itu didasarkan pada kenyataan bahwa lereng bukit di sebelah Timur dan Utara di tambang oleh penduduk sekitar, maka ditemukan artefak yang masih berhubungan dengan candi.

candi ijo4

Candi ijo ini berlatar belakang agama Hindu dengan dibangun perkiraan abad ke-10 sampai ke-11. Dimana komplek dari Candi Ijo ini terdiri dari Candi Induk, Candi Pengapit da Candi Perwara. Candi Induk menghadap ke Barat setelah selasai dipugar, dan dihadapannya terdapat sebuah candi dengan ukuran yang kecil diperkirakan candi kecil itu dibangun untuk memujua Brahma, Wisnu dan Syiwa.

candi ijo1

Di sebelah Barat terdapat reruntuhan sejumlah candi yang  masih dalam proses pemugaran dan penggalian. Konon untuk membuat candi ini tidak hanya dibangun dengan menggunakan bebatuan dari gunung merapi di daerah candi tetapi juga bebatuan yang didatangkan dari berbagai tempat. Bangunan candi induk dibangun di atas kaki candi yang berbentuk persegi panjang dengan pintu masuk yang terletak di pertengaha sebelah dinding sisi Barat dan diapit dengan dua jendela. Di dalam candi induk terdapat sebuah ruangan, di tengah ruangan terdapat sebuah lingga yang disangga oleh patung berbentuk ular berkepala kura-kura.

candi ijo2

Jika anda penasaran dengan ukiran-ukiran dan bentuk dari setiap bangunan candi ini, maka pantas candi ijo ini dijadikan sebagai salah satu agenda anda untuk berlibur. Selain menambah ilmu pengetahuan sejarah. Kita juga akan merasakan suasana yang menyenagkan.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.