tentang taubat
pada postingan kali ini saya akan membahas tentang taubat. baru saja saya mendengarkan radio setelah sekian lama nya radio tersebut hanya di simpan sebagai pajangan. awal nya males banget dengerin radio, memang jika di banding kan dengan tv, ya saya sendiri sih memang lebih memilih nonton tv :-D. namun setelah saya cari-cari chanel di radio ada sebuah chanel yang sedang menyuguhkan dakwah dari seorang ustad, yaitu ustad totoh gozali. dalam dakwah nya, beliau menjelaskan tentang taubat untuk manusia. ok langsung saja saya bahas tentang taubat yang disampaikan oleh ustad totoh gozali yang dapat saya rangkum sedikit. tentang taubat taubat adalah kembali taat kepada Allah SWT dan menyesal dengan sungguh sungguh akan dosa-dosa yang telah di perbuat. baik dosa yang kecil maupun dosa besar, serta senantiasa untuk meminta ampunan kepada Allah SWT. macam-macam taubat berdasarkan waktu nya :
  1. taubat harian, taubat ini adalah taubat yang dilakukan setiap hari yaitu melalui shalat wajib (5 waktu). salah satu nya adalah saat tahiyat awal dan akhir, pada tahiyat awal dan akhir orang yang shalat pasti mengucapkan kalimat syahadat yang artinya ia bertaubat dan mengucapkan ikrar setiap hari nya.
  2. taubat mingguan, taubat ini adalah taubat yang di lakukan setiap minggu yaitu melalui shalat jum'at. mengapa shalat jum'at ??? karena hari jum'at menurut allah adalah raja nya hari dalam setiap minggu (saidul ayyam). itu lah yang menjadi sebab mengapa pada malam jum'at menjadi malam yang penuh berkah.
  3. taubat tahunan, taubat ini adalah taubat yang di lakukan setiap tahun nya melalui bulan puasa (ramadhan). pada bulan ini penuh dengan ampunan dari Allah SWT. namun, Allah tidak akan memberi ampunan jika masalah antar manusia (islah) baik masalah harta atau pun dosa lain nya belum selesai. Itulah yang menjadi sebab mengapa pada hari raya idul fitri orang islam akan saling memaafkan satu sama lain dengan cara silaturahmi atau bersalaman.
  4. taubat sekali seumur hidup, taubat ini adalah taubat yang dilakukan sekali dalam seumur hidup yaitu dengan melaksanakan ibadah haji.
yang paling lucu dalam dakwah beliau adalah saat beliau menceritakan seorang pemuda yang menyatakan "buat apa cuci mobil toh nantinya akan kotor" ha ha ha ... kemudian beliau berkata "untuk apa makan toh nantinya akan lapar lagi" 😛 ... jika lapar sekarang ya makan sekarang, jika lapar besok ya makan lagi, jika berbuat dosa sekarang, ya taubat sekarang, jika berbuat dosa besok ya taubat lagi, asalkan dosa tersebut tidak di rencanakan. toh lapar juga tidak pernah di rencanakan 😀 semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi kita semua umat islam dalam bertaubat. AMIN

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.