Wisata Alam Kawah Putih Bandung
kawah putih Kawah Putih berada di daerah Selatan Kota Bandung, dengan jarak 46 km atau 2,5 jam dari Kota Bandung sampai pintu gerbang menuju lokasi kawah. Jaraknya dari pintu masuk hingga ke kawah sekitar 5 km atau bisa ditempuh dengan waktu 20 menit. Kawah putih terletak di sebuah gunung yang bernama Gunung Patuha.Dahulu kala,masyarakat sekitar menganggap bahwa kawah ini merupakan kawasan yang angker karena banyak burung mati seketika melewati kawah ini.

Pada tahun 1837 seorang ilmuwan Belanda Jerman Dr. Franz Wilhelm Junghun adalah seorang pengusaha perkebunan Belanda yang mencintai kelestarian alam membantah kepercayaan tersebut. dia melakukan penelitian dan menemukan bahwasannya penyebab matinya burung dikarenakan adanya semburan lava belerang yang berbau sangat menyengat.Namun saat ditemukannya tentang fakta tersebut masyarakat setempat belum tertarik menjadikan tempat ini sebagai objek untuk wisata. Barulah setelah PT Perhutani mengembangkan pada tahun 1987, kawasan kawah putih dijadikan salah satu objek wisata di Jawa Barat. Kawah ini memiliki air yang terang dan selalu berubah2. sehingga pada akhirnya inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. permukaan kawah pada umumnya berbatu dan berpasir dengan warna putih,sehingga kawah ini kemudian dikenal sebagai kawah putih. Beberapa dari para peneliti mengatakan bahwa gunung patuha adalah gunung yang masih aktif, karena ditemukan beberapa pancaran dari kawah yang masih bergejolak. Tidak jauh dari tempat ini ditemukan sebuah goa sedalam 5 meter yang pernah dipakai  sebagai tambang belerang. Tidak mengherankan jika beberapa kawah dengan tiba2 beruap banyak.

                        kawah putihh                           kawah kamojangnm

Keindahan danau Kawah Putih, memang sangat mempesona dan juga sangat menakjubkan.  Ditambah lagi dengan suhunya yang sejuk banget sepanjang hari (bersuhu sekitar 8-22 derajat celcius). Mungkin dikarenakan kawah ini terletak di pegunungan yang memiliki ketinggian sekitar 2.434m diatas permukaan laut. Ketika dalam perjalanan menuju ke sana, kita juga akan disuguhkan oleh objek seperti rel kereta tua, hamparan sawah yang menguning, kebun teh yang hijau dan luas dan hutan pinus. Sejalur dengan kawah putih anda juga bisa meneruskan perjalanan ke Situ Patenggang atau bias berkemah ke Ranca Upas yaitu tempat penangkaran salah satu hewan langka yaitu rusa, atau bisa  berenang di kolam renang airpanas ciwalini. Di sana juga tersedia penginapan yang bisa anda sewa untuk bermalam dan menginap. Di kawasan dekat  kawah putih ada perkebunan strawberry, anda bias menyempatkan untuk singgah di perkebunan strawberry di kawasan Rancabali. Di kawasan ini anda bisa memetik sendiri stawberry tuk dibawa pulang.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.