Tips Untuk Donor Darah
donor darahAnda sering donor darah di PMI?  Jika benar ada baiknya anda mengikuti tips-tip berikut.
  1. Sebelum anda mendonorkan darah anda, pastikan tubuh anda dalm kondisi yang prima.
  2. Usahakan cukup tidur, agar tensi darah normal dan tubuh fit.
  3. Perbanyak minum air putih minimal tiga gelas.
  4. Hindari minuman beralkohol.
  5. Jangan berdonor dalam keadaan perut kosong, tapi hindari makanan berlemak seperti junk food, hamburger, kentang goreng, atau es krim. Karena lemak dalam darah setelah makan berlemak selama beberapa jam akan berpengaruh pada tes infeksi yang dilakukan pada semua darah yang disumbangkan.
  6. Konsumsi makanan sehat dan berzat besi tinggi, seperti sayuran hijau, daging merah, ikan, unggas dan kacang-kacangan.
  7. Bagi orang yang punya masalah anemia atau darah rendah mengkonsumsi makanan yang berzat tinggi sebaiknya dilakukan selama beberapa hari sebelum donor darah sebagai penambah darah.
  8. Hindari minuman kopi dan teh, karena akan membuat hemoglobin dalam darah sulit bertambah.
  9. Bila proses donor telah selesai dan timbul rasa pusing atau badan serasa melayang; tidak perlu khawatir karena hal tersebut adalah reaksi yang wajar.
  10. Berbaringlah sebentar dengan posisi kaki lebih tinggi dari kepala hingga sensasi tersebut hilang.
  11. Untuk membantu mengisi kembali zat besi dan vitamin yang hilang pasca donor darah, kembali konsumsi makanan kaya zat besi, asam folat, vitamin B 2 dan B 6, sayuran hijau, daging merah, kacang-kacangan, ikan, telur dan pisang. Karena tanpa asupan zat besi yang cukup, tubuh tidak dapat memproduksi darah merah yang sehat.
  12. Perbanyak minum air putih selama 48 jam berikutnya, karena tubuh memerlukan pengganti cairan yang hilangsaat donor darah.
  13. Setelah donor darah masih bisa koq langsung beraktifitas, tapi sebaiknya hindari aktifitas yang berat seperti olahraga atau alat berat selama sekitar 5 jam setelah donor darah.
  14. Jika terjadi pendarahan saat membuka perban, tidak perlu panic. Cukup tekan titik bekas jarum, dan angkatlah tangan selama 3 – 5 menit.
  15. Lakukan minimal donor darah tiga bulan sekali dan sesuaikan persyaratan lain.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.