kewajiban seorang suami
kewajiban seorang suami .. Adab Isteri Kepada Suami suami adalah seorang pemimpin di dalam rumah tangga kareana apa suami menjadi tulangpunggung dalam rumah tangga. selain itu yang harus di ingant oleh suami yaitu harus slalu menafkahi anak dan istri sampai lepas kewajibannya, kewajiban menafkahi anaknya yaitu sampai anaknya menikah, dan kewajiban menafkahi istri sampai kapanpun. sebenarnya kewajiba seorang suami sangatlah mudah kalu kita pikirkan yang paling berat adalah tanggung jawabnya. karena akan dibawa sampai alam ke dua dalam kehidupan kita. karean suami pemimpin dalam rumah tangga maka ia harus menjadi teladanan sebagi perannya menjadi seorang suami  dan menanggung tanggun jawab penuh atas ke teladanan atas orang-orang yang di pinpinnya, maksud memimpin disini adalah memimpin istri dan anak-anak nya. rosulloh saw bersabda :
"tidak ada yang baik di dunia ini bagi seorang muslim setelah menyenbah allah, selain mendapatkan istri yang shaleh, cantik apa bila di pandang, patuh apabila di perintah, memenuhi sumpah pernikahan, menjaga dirinya dan kekayaan suami dan tidak pernah menolak kitika suami memanggil ketempat tidur." (HR.bukhari dan muslim)
jadi jelas di dalam sabdaan kanjeng nabi rosululoh saw. bahwa keajiban suamipun harus di balas dengan istri dengan cara mematuhi suami dan tidak membantahnya sama sekali, walaupun dalam kondisi istri tidak siap pokonya tidak ada kata tidak untuk sang suami. sebenarnya banyak kewjiban suami tehdap istri tapi disini saya akan menerangkan apa yang saya tau.
  1. wajib memberi nafakah kepada istiri, kalau yang sudah punya anak ya wajib juga memberi nafakah terhadap anaknya.
  2. wajib menempaatkan istri di rumah yang layak. karena istripun harus di tempatkan di rumah yang layak dan semetinya. "dan bregaullah dengan mereka secara patut"
  3. suami kebutuhan istri sesuia apa yang di pakai oleh suami, kalo pake baju harus sama jangan di beda-bedakan, maksud di sini bukan sama warna atuw bahan tapi sama apa yang seharusnya di gunakan
  4. harus ada pembantu dalam rumah tangga, ini biasanya untuk istri yang bekerja berlebihan dan se orang istri tidak mampu untuk mengerjakannya sendiraian.
  5. bertanggung jawab atas apa yang telah di pinpinnya.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.