Tak Salah Bila Memilih Wisata Ke Danau Sentani

dn

 

Danau Sentani adalah danau terbesar di tanah Papua. Danau ini mempunyai luas 9.360 hektar dan terbentang antara Kota Jayapuran dan Kabupaten Jayapura. Danau ini berada pada ketinggian 75 meter dari permukaan laut. Wilayah Danau Sentani sendiri berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloops. Perjalanan dari Jayapura berjarak sekitar 50 km. Danau Sentai dapat ditempuh dengan berkendara selama sekitar 40 menit ke arah barat dari kota Jayapura. Bandara Sentani, terletak kurang lebih sekitar 40 kilometer (25 mil) dari Jayapura. Sebagai ibu kota provinsi terluas, Jayapura juga terhubung dengan kota-kota besar di Indonesia baik melalui udara dan laut. Anda disarankan untuk selalu memeriksa detail penerbangan Anda.

Asal kata “sentani” pertama kali disebut oleh Pendeta BL Bin pada tahun 1898 dan mempunyai arti yaitu di sini kami tinggal dengan damai. Danau Sentani termasuk danau vulkanik. Sumber air Danau Sentani ini berasal dari 14 sungai besar dan kecil dengan satu muara sungai yaitu Jaifuri Puay. Dasar perairan Danau Sentani terdiri dari substrat lumpur berpasir (humus).

sn

Wilayah perairan Danau Sentani memiliki kedalaman yang berbeda-beda adapun kedalaman rata-rata sekitar 24,5 m. Danau Sentani kaya akan  biota laut. Masyarakat sekitar pun sudah memanfaatkannya sebagai tempat budidaya ikan air tawar. Di sana juga terdapat sekitar 30 spesies ikan air tawar yang tinggal di perairan Danau Sentani dengan 4 species diantaranya adalah endemik Danau Sentani yaitu ikan gabus Danau Sentani, ikan pelangi merah, ikan pelangi Sentani dan hiu gergaji.

Pemandangan di sekitar danau masih sangat alami dan indah. Dengan terdapat sekitar 24 kampung yang berada di pesisir dan pulau-pulau kecil di tengah danau. Pulau-pulau kecil itu berjumlah 21 pulau. Kita juga bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu wisata yang banyak disewakan untuk sekedar menikmati keeksotisan alam Danau Sentani. Selain itu juga kita bisa berenang, menyelam, memancing, ski air dan berwisata kuliner di kawasan Danau Sentani.

Waktu yang cocok dan pas untuk berkunjung ke Danau Sentani ini yaitu pada bulan Juni. Hal ini terkait dengan adanya Festival Danau Sentani yang rutin diadakan pada pertengahan bulan Juni. Acara tahunan tersebut diadakan sebagai promosi dan iklan untuk lebih memperkenalkan Danau Sentani kepada wisatawan lokal maupun mancanegara.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.