PENCERNAAN MANUSIA
Manusia adalah makhluk hidup yang sangat membutuhkan energi untuk dapat menjalankan aktifitasnya setiap hari. Energi yang dibutuhkan diantaranya adalah energi yang di dapat dari makanan dan minuman.  Makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh manusia sangatlah bergam. Makanan yang harus dikonsumsi manusia untuk memenuhi kebutuhan energi haruslah mengadung gizi, protein, kalsium, vitamin dan zat-zat yang penting lainnya agar tubuh tetap sehat dan bugar. Namun sayangnya terkadang semua sumber energi tersebut tidak dapat dicerna dengan baik. Hal ini tentunya disebabkan oleh gangguan sistem pencernaan manusia. Sistem pencernaan sangat lah penting bagi kelangsungan hidup manusia. Sistem pencernaan manusia terdiri atas mulut, tenggorokan, lambung, usus dan yang lainnya. pencernaan Pencernaan adalah sebuah proses metabolisme pada makhluk hidup dengan mengolah zat yang dikonsumsi kemudian mengubahnya secara kimia atau mekanik menjadi nutrisi yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh. Pencernaan terjadi pada manusia, hewan, organisme multisel, sel, dan tingkat subsel. Pencernaan membuat manusia dapat memiliki energi yang dibutuhkan. Dengan demikian manusia dapat melakukan segala aktifitasnya dengan baik. Pencernaan dapat dibagi menjadi lima proses sebagai berikut.
  1. Ingesti yaitu proses memasukan makanan ke dalam mulut.
  2. Pencernaan mekanik yaitu memecah dan menghancurkan makanan menggunakan gigi menjadi bentuk yang lebih halus, kemudian menyalurkannya ke perut.
  3. Pencernaan kimia yaitu penambahan zat kimia, seperti enzim dan air untuk memecahkan molekul kompleks menjadi struktur yang lebih sederhana.
  4. Penyerapan yaitu gerakan sari-sari makanan dari sistem pencernaan ke sistem peredaran darah dan sistem eksresi melaui serangkaian proses, seperti osmosis, transport aktif, dan difusi.
  5. Pembuangan yaitu pelepasan zat-zat sisa pencernaan yang tidak diserap dari saluran pencernaan melalui saluran pembuangan.
Itulah lima tahapan pencernaan yang sangat penting dan tidak bisa hanya dilewati sebagian saja. Untuk mencapai metabolisme yang sempurna haruslah melengkapi semua langkah pencernaan tersebut. Anggota pencernaan yang sangat penting adalah diantaranya mulut, kerongkongan, lambung, kantung empedu, pankreas, usus halus, usus besar, rektum, dan anus. Semua organ pencernaan tersebut saling berbagi tugas untuk menghasilkan metabolisme yang baik pada tubuh manusia. Namun sering juga terjadi ganguan metabolisme tubuh yang disebabkan oleh bahan makanan yang kita konsumsi kurang sehat bagi tubuh. Jadi makanlah makanan yang mengandung gizi dan sehat untuk membuat metabolisme lancar dan membuat tubuh kita sehat.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.