BAHAN KIMIA RUMAH TANGGA
Kehidupan yang dijalani tidak terlepas dari bahan kimia dari mulai alat mandi, alat kecantikan sampai alat rumah tangga. bhn kimaia rumah tanggga Bahan kimia rumah tangga terdiri dari pembersih, pemutih, pewangi dan pembasmi serangga.
  1. Pembersih berfungsi untuk membersihkan segala sesuatu yang berhubuyngan dengan rumah tangga. Misalnya adalah pembersih motor, pembersih piring, pembersih badan (sabun), pembersih rambut (shampoo). Pembersih biasa disebut dengan detergen. Detergen adalah suatu zat yang dapat mengikat lemak. Piring yang digunakan setelah makan jika dibasuh dengan sabun, piring tersebut akan bersih kembali tanpa lemak atau noda sedikitpun.
  2. Pemutih, adalah bahan yang digunakan untuk pemutih pakaian. Ada pula bahan yang digunakan untuk pemutih wajah.
  3. Pewangi, digunakan utnuk mengharumkan pakaian, ruangan atau tubuh. Pewangi ada beberapa bentuk. Ada yang berbentuk cair yang disemprotkan, ada yang berbentuk cair tetapi dicampur dengan air kemudian di rendam dan ada pula yang berbentuk zat padat, misalnya kapur barus.
  4. Pembasmi serangga, biasa dikenal dengan istilah insektisida berfungsi sebagai bahan untuk membunuh serangga seperti lalat, kecoa dan nyamuk. Produk pembasmi serangga ada yang berbentuk cair dengan penggunaan disemprotkan ke ruangan yang ada serangga atau ada yang dioleskan ke bagian tubuh dan berbentuk padat dengan cara dibakar atau menggunakan listrik.
Produk tersebut sangat berguna bagi rumah tangga, namun ada pula efek samping bahan kimia rumah tangga sebagai berikut.
  • Efek samping penggunaan pembersih adalah adanya limbah berupa busa. Busa yang dihasilkan dari sabun dapat diuraikan oleh mikroorganisme sedangkan busa yang dihasilkan oleh detergen tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme. Pada pembersih lantai terdapat kandungan zat yang jika digunakan secara berlebih akan menimbulkan iritasi pada kulit.
  • Efek samping pemutih dapat membuat serat kain menjadi rusak dan mengiritasi kulit. Pada pemutih wajah terkandung merkuri yang menyebabkan ginjal dan system saraf rusak
  • Efek samping penggunaan pewangi dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan terutama untuk wanita hamil, dapat menimbulkan pusing, mual, kerusakan hati dan dapat membuat lapisan ozon menjadi berlubang.
  • Pembasmi serangga jika terhirup oleh tubuh akan menyebabkan penyakit kanker, pusing, sakit kepala, asma, dan merusak kemampuan reproduksi.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.