MINERAL BUMI
Bumi adalah planet yang sangat kaya akan segala hal yang dibutuhkan oleh makhluk hidup mulai dari kebutuhan kecil sampai kebutuhan besar semuanya tersedia di bumi. Bumi yang sangat kaya ini menjadi tumpuan kehidupan bagi semua makhluk hidup. Baik kekayaan yang jelas terlihat maupun kekayaan yang tersebunyi di dalam perut bumi. Salah satu kekayaan yang dimiliki bumi dan tersembunyi di dalam perutnya adalah mineral. Mineral merupakan unsur yang juga dibutuhkan oleh makhluk hidup terutama manusia. minerasll Mineral dalah suatu unsur atau persenyawaan kimia anorganik atau tidak hidup yang terbentuk secara alamiah. Zat ini bukanlah buatan manusia karena zat ini terbentuk secara alami dan hanya dapat ditemukan di dalam bumi. Mineral yang belum di gali dari pertambangan disebut bijih. Hal ini karena mineral merupakan persenyawaan anorganik. Oleh sebab itu, benda hidup dan hasil anorganik langsungnya tidak dapat disebut mineral. Salah satu mineral yang baru ditemukan dan baru muncul serta terbentuk karena perubahan batuan dalah Metamorfisme. Perubahan batuan yang membentuk mineral ini terjadi karena panas atau tekanan atau oleh keduaduanya. Mineral dapat digolongkan menjadi 8golongan menurut unsur-unsur yang menyusunnya. Penggolongan tersebut diantaranya adlah sebagai berikut ;
  1. Mineral sebagai unsur. Mineral ini adalah zat sederhana, yang secara kimia tidak dapat disenyawakan dengan unsur lain.
  2. Sulfida adalah persenyawaan logam dengan unsur belerang.
  3. Oksida. Terdiri dari persenyawaan bermacam-macam logam yang berbeda-beda.
  4. Sulfat. Sulfat adalah persenyawaan belerang, oksigen, dengan logam yang berbeda-beda.
  5. Karbonat. Mineral ini mewakili persenyawaan-persenyawaan karbon dan oksigen dengan bermacam-macam logam.
  6. Halida. Halida adalah mineral yang termasuk kedalam golongan garam. Didalamnya terdapat logam yang bersenyawa dengan salah satu halogen.
  7. Silikat. Mineral ini terdiri dari persenyawaan bermacam-macam unsur dengan silikon dan oksigen.
  8. Fosfat, tungstat, Molibdat, Urnat, Arsenat dan sebaginya.
Pada saat ini sudah diketahui sekitar 1.500 macam mineral. Kemungkinan masih banyak mineral yang akan ditemukan dan muncul. Hal ini karena keadaan bumi yang terus mengalami perbedaan suhu dari hari ke hari. Seperti kita ketahui bahwa mineral dapat terbentuk karena campuran berbagai senyawa yang dihasilkan oleh bumi. Salah satu contoh hasil persatuan senyawa yang menjadi mineral adalah Batu Permata Lazurit, Akuamarin, dan Kristal Turmalin.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.