Tanda-Tanda Qada dan Qadar
tanda qada n qadar Qada dan qadar berperan sangat penting dalam kehidupan manusia di alam bumi ini. Tanda qada dan qadar diantaranya adalah:
  1. Qada dan qadar merupakan ketentuan Allah yang tidak diketahui oleh siapapun. Hanya Allah lah yang mengetahui. Namun sekarang banyak orang yang datang ke para normal atau dukun untuk melihat masa depan yang akan mereka jalani. Meskipun sebagian hasil dari para normal benar, itu berasal dari bisikan syaitan. Syaitan akan melakukan segala hal untuk menjerumuskan manusia supaya keluar dari ajaran-ajaran Allah swt.
  2. Qada dan qadar tidak selalu berjalan sesuai dengan harapan manusia. ketika berusaha dengan sungguh-sungguh dan hasilnya tidak memuaskan, maka serahkan semua urusan hanya kepada Allah, karena semuanya merupakan ketetapan dari Alah.
  3. Qada dan qadar mempunyai alur sendiri. Tidak bergantung pada keinginan manusia.
  4. Qada dan qadar merupakan hak Allah swt. Tak aka nada seorangpun yang dapat mengubah atau ikut campur terhadapa apa yang ditentukan.
  5. Qada dan qadar mampu mematahkan keinginan manusia. karena qada dan qadar berjalan sesuai keinginanNya.
Ciri seseorang yang beriman kepada qada dan qadar Allah adalah selalu mawas diri. Mawas diri sangat diperlukan, karena kejadian yang akan kita alami beberapa detik kemudian tidaklah ada yang tahu. Mungkin hari ini kita mendapatkan kebahagian, namun belum tentu esok hari kita masih mendapatkan kebahagiaan, mungkin musibah yang akan datang kepada kita. Karena hal tersebut, mawas diri dan berdoa adalah suatu hal yang penting untuk mempersiapkan diri atas kejadian yang akan menimpa kita baik itu berupa kesenangan atau kesedihan. Selanjutnya ciri orang yang beriman kepada qada dan qadar adalah bekerja keras. Meskipun qada dan qadar sudah menjadi ketetapan Allah sejak dulu, namun tidak menjadi suatu halangan bagi orang tersbut untuk bekerja keras dalam mencapai keinginannya. Ciri yang lain adalah tidak bersikap sombong dan takabur, manusia diciptakan oleh Allah bukan untuk menyombongkan diri, karena apapun yang kita miliki semua hanyalah titipan dan sewaktu-waktu dapat diambil kembali oleh pemiliknya tanpa sepengetahuan kita. Ciri selanjutnya adalah berperilaku berani, bertanggung jawab dan menyadari kelemahannya. Perbuatan yang dilakukan di duania akan mendapatkan balasannya masing-masing. Orang yang berperilaku baik, maka dapat dipastikan kebaikan pula yang akan datang kepadanya, begitu juga sebaliknya orang yang berperilaku tidak baik, maka keburukanlah yang akan menimpanya.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.