DO’A
Manusia tidak akan pernah bisa hidup tanpa bantuan dari Allah swt. Pertolongan Allah dapat diberikan kepada manusia apabila manusia memohon kepadaNya melalui doa. doa Doa adalah keinginan dan permohonan seorang hamba kepada Allah secara langsung tanpa perantara apapun dengan tujuan supaya segala sesuatu yang diinginkan tercapai serta selalu ada dalam lindungan dan rahmat Allah. Allah sangat menyukai hambaNya yang selalu berdoa dan bergantung kepadaNya. Doa sangat dianjurkan, karena doa merupakan ibadah. Ketika meminta petunjuk kepada Allah ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
  1. Sebelum berdoa hendaklah beristighfar terlebih dahulu. Karena doa yang dipanjatkan kemungkinan akan terhalang oleh dosa. Maka untuk menghilangkan halangan tersebut ada baiknya kita beristighfar.
  2. Membaca hamdalah sebagai bukti untuk mengagungkan kebesaran Allah.
  3. Membaca shalawat kepada Nabi Muhammad saw
  4. Bersih badan dan pakaian dari najis
  5. Mengangkat dan menengadahkan kedua tangan ketika berdoa
  6. Yakin bahwa doa yang kita panjatkan akan dikabulkan
  7. Berdoa secara terus menerus tidak putus asa jika doa belum dikabulkan
  8. Memahami isi dari doa yang dipanjatkan
  9. Sebaiknya ketika berdoa menghadap kiblat
  10. Setelah doa selesai dilaksanakan sebaiknya mengusapkan kedua tangan ke muka.
  11. Membaca hamdalah dan shalawat nabi.
Berdoa hendaknya tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain terutama untuk semua umat muslim entah itu orang yang masih ada di dunia, maupun orang tang sudah meninggalkan dunia ini. berdoa untuk diri sendiri misalnya doa pengampunan dosa (taubat), doa keselamatan dunia akhirat, doa menuntut ilmu, doa di lancarkan rezeqi dan masih banyak lagi. Berdoa untuk orang lain misalnya doa untuk orang tua, doa untuk orang yang sakit agar cepat sembuh, doa supaya semua keluarga selamat dunia dan akhirat dan mendoakan umat muslim di seluruh penjuru dunia supaya diampuni dosa-dosanya. Berdoa juga harus disertai dengan usaha. Misalnya, seseorang menginginkan berhasil dalam suatu ujian, dia berdoa terus menerus tetapi tidak menghafal satu lembar pun. Perilaku tersebut sangat tidak baik. Allah tidak akan mengabulkan doa orang yang hanya berpangku tangan. Rasulullah juga pernah menegur seseorang yang berdoa tetapi tidak mau berusaha.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.