PETA
Untuk mengetahui informasi tentang letak suatu tempat dan keadaan geografisnya, biasanya kita menggunakan alat bantu berupa peta, atlas atau globe. Peta merupakan gambaran sebagian atau seluruh permukaan bumi dengan bagian-bagiannya yang disajikan dalam gambar yang diperkcil dengan skala tertentu. Ilmu yang memperlajari tentang peta disebut kartografi dan orang yang ahli membuat peta disebut kartografer. petaa Berdasarkan isinya, peta dapat dibedakan menjadi menjadi 2, yaitu peta umum dan peta khusus/ peta tematik. Peta umum memuat berbagai gambaran permukaan bumi dengan berbagai gejala alamnya seperti sungai, rel kereta api, dan lain sebagainya. Peta umum dibedakan menjadi peta dunia, peta korografi dan peta topografi. Sedangkan peta tematik merupakan peta yang didalamnya mengandungpenjelasan tentang tema tertentu. Contohnya peta penyebaran barang tambang, peta flora dan fauna. Berdasarkan bentuknya peta dapat dibedakan menjadi peta datar, peta timbul dan peta digital. Peta datar yaitu peta yang dibuat pada bidang datar. Peta timbul yaitu peta tiga dimensi yang dibuat sesuai dengan aslinya. Dan peta digital yaitu peta yang dibuat dengan alat bantu komputer. Berdasarkan skalanya peta dapat dibedakan menjadi peta kadaster (berskala 1 : 100 sampai 1:5.000), peta skala besar (berskala 1 : 5.000 sampai 1 : 250.000) dan peta skala menengah (berskala 1 : 250.000 sampai 1 : 500.000) dan peta skala kecil (berskala 1 : 500.000 sampai 1 : 1.000.000). Unsur-unsur peta meliputi:
  1. Judul peta, biasanya berada di atas gambar peta.
  2. Simbol peta berupa kenampakan hipsografi, kenampakan hidrografi, kenampakan buatan manusia, kenampakan vegetasi dan kenampakan khusus.
  3. Garis astronomis, terdiri dari garis bujur dan garis lintang.
  4. Legenda, fungsinya untuk membaca simbol dalam suatu peta.
  5. Skala peta, terdiri dari skala huruf, skala garis dan skala pembanding.
  6. Arah mata angin, berguna untuk menunjukkan letak arah. Biasanya disimbolkan oleh tanda panah yang mengarah ke atas.
  7. Nama tempat, berfungsi untuk mengetahui nama yang terdapat paa peta.
  8. Inset peta, merupakan peta yang berukuran lebih kecil dari peta utama. Inset digunakan untuk memperjelas bagian wilayah tertentu pada peta.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.