Mencegah Bahaya Radiasi Dibalik Kecanggihan Handphone
Produksi handphone (HP) atau telepon seluler (ponsel) semakin banyak diproduksi. Produsen ponsel sedang berlomba-lomba dalam membuat ponsel yang aplikasinya lengkap dan murah. Di Negara yang berkembang, konsumen ponsel mudah terpengaruh dengan iklan yang menjanjikan produk ponsel yang murah tetapi aplikasinya lengkap. memang terbukti, banyak orang yang membeli produk seperti itu. ponsel merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk melakukan komunikasi dengan orang lain dalam jarak yang jauh. Tetapi tahukah anda bahwa ponsel memiliki bahaya dibalik kecanggihannya? Supaya ponsel berjalan sesuai fungsinya, ada satu syaratnya, yaitu sinyal. Sinyal adalah gelombang elektromagnetik yang digunakan untuk mengantarkan suara dan data dari satu ponsel ke ponsel lainnya. Sudah banyak penelitian tentang gelombang elektromagnetik pada ponsel. Ternyata dibalik boomingnya ponsel, ada dampak negatif yg ditemukan bagi kesehatan yg selama ini banyak orang tidak menyadarinya. Ketika ponsel aktif, 70 – 80% energi diserap oleh kepala. Berbagai penelitian menyatakan bahwa radiasi ponsel berbahaya bagi kesehatan, dan dapat menyebabkan tumor otak ketika sering menggunakan ponsel, terutama untuk bayi dan anak-anak, dimana mereka merupakan usia yg masih belum sempurna pertumbuhan organ-organnya. Dibawah ini ada beberapa tips dari referensi untuk menghindari bahaya radiasi ponsel:
  1. Jangan mengaktifkan ponsel ketika sedang dengan anak, jauhkan dari tubuh bayi dan anak-anak, karena dapat mempengaruhi organ merek yang pembentukannya belum sempurna.
  2. Ketika menelpon, usahakan menggunakan head set atau di loudspeaker, supaya sedikit terhindar dari radiasi.
  3. Usahakan memposisikan ponsel jauh dari tubuh, jangan menyimpan ponsel di saku baju.
  4. Kurangi berbicara banyak pada saat menggunakan ponsel, karena radiasi lebih banyak dipancarkan saat anda berbicara dan mengirim sms daripada saat mendengarkan/menerima sms.
  5. Sebisa mungkin menggunakan sms dari pada menelepon untuk mengurangi aktifitas radiasi
  6. Non aktifkan ponsel ketika berada pada tempat yang tidak ada sinyal. Hal ini dikarenakan radiasi yang dipancarkan lebih kuat disbanding dengan tempat yang mudah ditemukan sinyal..
  7. Pelindung/casing tambahan justru bisa membuat signal terperangkap dan memancarkan radiasi yg lebih kuat.
  8. Hindari memberikan ponsel pada anak-anak, matikan signal ponsel apabila anak menggunakan/memegang ponsel
  9. Bagi ibu-ibu yg hamil dan menyusui, sebaiknya mengurangi penggunaan ponsel untuk menghindari efek yg tidak baik untuk kesehatan janin dan bayi.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.