Pengertian dan Sifat Akar Tumbuhan
  Tumbuhan merupakan jenis makhluk hidup yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Semua jenis tumbuhan dan bagian-bagian dari tumbuhan memiliki manfaat yang besar bagi manusia. Meskipun tumbuhan diam di tempat atau tidak berpindah-pindah tetapi tumbuhan selalu dapat tumbuh besar dan berkembang biak dengan baik, hal ini disebabkan karena tumbuhan memiliki bagian-bagian yang penting dan memiliki peran masing-masing. Salah satu bagian tumbuhan yang sangat penting adalah Akar. akar Akar adalah bagian dari tumbuhan yang menancap ke tanah untuk mengokohkan bagian batang dan yang lainnya agar berdiri dengan tegak. Kata akar berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia¬†¬† memiliki banyak arti, namun Kata Akar termasuk kata benda. Arti ari kata akar yang pertama menurut kamus Besar Bahasa Indonesia adalah bagian tumbuh-tumbuhan yang masuk ke tanah sebagai alat penguat dan penghisap air dan zat makanan. Banyak sekali jenis akar yang dimiliki tumbuhan sesuai dengan jenis tumbuhan itu sendiri, hal ini dikarenakan setiap tumbuhan memiliki jenis batang, daun dan cara hidup yang berbeda maka akarpun akan berbeda. Beberapa jenis akar tersebut diantaranya: Akar Serabut yang biasanya dimiliki oleh tanaman jenis monokotil. Fungsi utama akar tersebut adalah untuk memperkokoh berdirinya tanaman. Akar tunggang yang biasanya terdapat pada tumbuhan dikotil memiliki fungsi utama untuk menyimpan makanan. Akar tumbuhan memiliki sifat-sifat yang menakjubkan diantaranya :
  1. Merupakan bagian tumbuhan yang biasanya terdapat di dalam tanah, dengan arah tumbuh ke pusat bumi atau menuju ke air, meninggalkan cahaya dan udara.
  2. Tidak berbuku-buku, jadi juga tidak beruas dan tidak mendukung daun-daun atau sisik-sisik maupun bagian lainnya.
  3. Warnanya tidak hijau melainkan keputih-putihan atau kekuning-kuningan.
  4. Tumbuh terus pada ujungnya, tetapi umumnya pertumbuhan akar masih kalah pesat dibandingkan dengan bagian permukaan tanah.
  5. Bentuk ujungnya seringkali meruncing, hingga lebih mudah untuk menembus tanah.
Jenis-jenis akar lainnya antara lain: akar wangi yang berbau harum dan bisa dibuat menjadi kipas atau diletakan diantara pakaian, akar gantung, akar yang tumbuh pada cabang dan tidak mencecah tanah, akar apung, akar tumbuhan sebagai alat berapung. Selain tumbuhan manusia juga memiliki akar yaitu pada bagian gigi yang disebut akar gigi yaitu pangkal gigi dalam gusi. Arti yang ke dua adalah asal mula, pokok pangkal, yang menjadi sebab. Misalnya pada penggunaan kata kamu adalah akar dari semua masalah ini Arti yang ke tiga adalah, unsur yang menjadi dasar pembentukan kata. Misalnya bentuk pada kata dibentuk.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.