Kebiasaan Sehari-hari Yang Merusak Pendengaran
Telinga adalah salah satu panca indera yang berfungsi untuk mendengar suara. Namun karena kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan untuk telinga ini, membuat kita tidak sadar jika telinga kita sakit atau merusak fungsi dari pendengaran kita. Berikut adalah kebiasaan sehari-hari yang merusak pendengaran.
  1. Menggunakan Aerphone Berlebihan
Jika kita sedang berkendaraan, membaca buku atau duduk santai; biasanya kita sembari mendengarkan music apalagi music yang menggunakan handphone, tablet, atau alat elektronik lainnya yang dihubungkan dengan telinga kita melalui earphone. Namun sayang kebanyakan orang, mendengarkan music dengan earphone ini secara berlebihan. Mereka mendengarkannya lebih dari 20 menit dengan volume suara yang besar juga. Padahal hal ini sangat merusak pendengaran kita, bisa menjadi penitus (berdenging), kelelahan mental, berhanulisasi, bahkan depresi. Nah, bagaimana solusinya? Solusinya sbb:
  • Dengarkan music tersebut dengan mengatur volumenya tidak lebih dari 60%.
  • Setiap 15 menit mendengarkan music, beri waktu 5 menit untuk mengistirahatkan telinga kita.
  • Bersihkan earphone secara berkala, karena bisa menjadi earphone itu bisa menumpuk kuman bila tidak dibersihkan
TELINGA 22.Berkaitan Dengan Profesi / Pekerjaan Jika pekerjaan anda berada di area pabrik, bandara atau hiburan malam. Ada baiknya anda berhati-hati dengan telinga anda. Anda harus berusaha untuk mengistirahatkan telingan anda. Area-area ini memang membuat kebisingan di telinga anda. Batas toleransi tingginya kebisingan suara pada manusia adalah 85 desible (tangga desible). Suara yang melebihi 1300 desible mengakibatkan seseorang tuli permanen. 3. Membersihkan Telinga Nah, pasti setiap hari anda membersihkan telingan menggunakan cotton buds kan??. Perlu diwaspadai, membersihkan telingan dengan alat ini jangan terlalu dalam ya, bisa jadi kotoran di dalam telinga bukan bersih, malah menumpuk dan menekan gendang telinga dan menutupinya bila terus menerus kita membersihkan telinga tersebut. Ada baiknya anda membersihkan telinga luar saja karena kotoran-kotaran yang ada di dalam itu berasal dari luar, caranya adalah dengan membungkus / menggulung salah satu jari anda menggunakan tisu kemudian bersihkan sela-sela telinga luar anda. Jika anda merasa kotoran yang ada di dalam telinga sudah menumpuk, lebih baik anda datang ke dokter THT, agar dokter tersebut membersihkan telinga anda dengan baik, efisien dan tentunya bersih.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.