Posisi Tidur Yang Benar Dan Baik Untuk Kesehatan
foto posisi tidur Memiliki kualitas tidur yang baik merupakan hal mutlak guna menjaga kesehatan tubuh kita. Selain waktu tidur yang cukup, posisi ketika tidurpun merupakan hal penting yang turut harus di perhatikan supaya manfaat dari istirahat ini bisa lebih optimal. Banyak orang yang ketika tidur posisinya itu asal-asalan, maka tak heran banyak orang yang ketika bangun di pagi harinya merasa nyeri dan kaku. Bahkan, beberapa lainnya tidak bisa tidur nyenyak dan sering terbangun di tengah malam karena bagian punggung dan leher terasa sakit karena kesalahan posisi ketika tidur. Agar tidur anda nyenyak sepanjang malam dan tubuh anda tidak terganggu, serta mendapatkan manfaat tidur secara optimal maka hindarilah posisi tidur sebagai berikut ini.
  • Tidur Dengan Alas Kepala Bantal Yang Terlalu Besar
Tidur dengan bantal yang terlalu besar (besar disini dalam artian tinggi), akan menyebabkan hyperflexion, uluran leher dan juga menyebabkan deformitas plastik yang berakibat postur kepala seperti agak maju. Hal tersebut tentunya sangat berbahaya karena ketika postur kepala lebih condong ke depan maka akan menurunkan kapasitas dari paru-paru, yang otomatis akan mengurangi asupan oksigen yang di perlukan oleh sel tubuh. Akibatnya timbul beberapa penyakit seperti asa, kardiovaskular dan sleep apneadan. Selain itu bisa juga mempengaruhi sistem pencernaan yang bisa mengarah ke sembelit, penurunan penyerapan nutrisi serta sindrom iritasi pada usur besar.
  • Tidur Tengkurap 
Tidur dengan cara tengkurap membuat wajah harus di palingkan ke satu sisi. Hal tersebut akan menyebabkan respon peregangan panjang ligamen dan bisa menimbulkan deformitas ligamen plastik dan juga berakibat rusaknya tulang belakang. Berikut ini adalah posisi tidur benar dan bermanfaat untuk kesehatan ; 
  • Tidur Dengan Posisi Miring 
Tidur dengan posisi miring adalah posisi yang paling nyaman, nabi Muhammad SAW pun kalau tidak salah sepeneatahuan saya juga sering tidur dengan posisi miring. Tidur dengan posisi miring dengan pinggul dan juga lutut di tekuk sekitar 45 derajat, membuat orang tidur lebih nyenyak.
  • Tidur Terlentang Dengan Beralaskan Bantal
Tidur dengan posisi terlentang sangat baik untuk mendapatkan manfaat tidur yang optimal, apalagi yang masih dalam masa pertumbuhan. Tidur dengan posisi ini akan mampu memaksimalkan pertumbuhan tubuh dengan maksimal.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.