10 hari Pertama Bulan Dzulhijah Yang Istimewa
dz Bulan Dzulhijah adalah bulan yang sangat agung. Di bulan ini semua umat islam yang mampu dan mendapat undangan dari Allah SWT untuk beribadah haji menunaikan rukun Islam yang kelima. Selain keutamaan ibadah haji dan kurban, di bulan Dzulhijah ini juga terdapat beberapa keistimewaannya, yaitu pada 10 hari pertama di bulan Dzulhijah. Banyak sekali manfaat serta hikmah di bulan ini, itu dikarenakan adanya beberapa peristiwa penting yang bersejarah yang terjadi di bulan Dzulhijah ini. Sebagaimana sabda nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Ibnu Abbas ra, yaitu  :
  1. Tanggal 1 Dzulhijjah adalah hari diampuni dosanya Nabi Adam As setelah diusir oleh Allah SWT dari syurga karena memakan makanan yang dilarang Allah SWT. Dan keistimewaannya adalah  barang siapa yang berpuasa pada hari tersebut niscaya Allah SWT mengampuni segala dosanya.
  2. Tanggal 2 Dzulhijjah adalah hari dimana dikabulkannya do’a Nabi Yunus As. Dan siapa diantara umat Islam yang berpuasa pada hari itu, ia seperti beribadah selama satu tahun.
  3. Tanggal 3 Dzulhijjah adalah hari dikabulkannya do’a Nabi Zakaria As. Adapun hikmahnya adalah Barang siapa yang berpuasa pada hari itu, niscaya do’anya diperkenankan Allah Ta’ala.
  4. Tanggal 4 Dzulhijjah adalah hari lahirnya Nabi Isa As. Adapun hikmahnya yaitu barang siapa yang berpuasa pada hari itu, maka Allah SWT akan menjauhkan dirinya dari marabahaya dan kemelaratan dan kelak dikumpulkan oleh Allah SWT bersama-sama golongan orang-orang yang Sholih di syurga.
  5. Tanggal 5 Dzulhijjah adalah hari dilahirkan Nabi Musa As. Dan Barang siapa yang berpuasa pada hari itu, maka Allah SWT akan menjauhkan dirinya dari sifat munafiq dan siksa kubur.
  6. Tanggal 6 Dzulhijjah adalah hari dimana Allah SWT membukakan pintu bahagia kepada para Nabi. Adapun hikmahnya adalah barang siapa yang berpuasa pada hari itu,  maka Allah SWT akan mencurahkan rahmat kepadanya dan tidak akan menyiksanya.
  7. Tanggal 7 Dzulhijjah adalah hari dimana ditutupnya pintu neraka. Dan hikmahnya adalah barang siapa yang berpuasa pada hari itu makaALLah SWT akan menutup dari padanya 30 pintu penderitaan dan akan membukakan baginya 30 pintu kebahagiaan.
  8. Tanggal 8 Dzulhijjah sering juga disebut sebagai hari Tarwiyah, yakni karena pada hari itu jama’ah haji berbondong-bondong menuju Arafah. Adapun keutamaannya adalah barang siapa berpuasa pada hari itu, maka Allah SWT akan memberikan baginya pahala yang berlipat ganda.
  9. Tanggal 9 Dzulhijjah (yaitu sebagai hari Arafah, karena para jamaah haji sedang berkumpul melaksanakan ibadah wukuf di padang Arafah). Dan Barang siapa yang berpuasa pada hari itu, maka berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW yaitu dapat menghapuskan dosam satu tahun yang lalu dan dosa satu tahun yang akan datang.
  10. Setelah ghurub tanggal 9 Dzulhijjah, maka umat muslim disunatkan memperbanyak takbir (sendiri atau berjemaah) hingga waktu Ashar tanggal 13 Dzulhijjah yang dinamakan sebagai hari Tasyriq.
Itulah keutamaan dan keistimewaan 10 hari pertama di Bulan Dzulhijah....semoga kita termasuk golongan orang yang selalu melaksanakan sunnah-sunnah Rosulullah SAW..Amin. ss

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.