Kepercayaan Sesat yang Beredar di Tengah masyarakat (MITOS)
Hai sobat yang berbahagia... hari gini masih percaya mitos? apa kata dunia! woi zaman udah modern ga banget gitu loh. Secara bukan anak jadul..hehe. kita sering kali deh mendengar tentang mitos-mitos yang beredar di tengah masyarakat. Ngomong-ngomong kalian tau apa itu mitos? Mitos itu adalah kepercayaan yang di yakini sebagai sebuah pantangan yang apabila dilanggar akan mendatangkan bencana atau jika dimilikinya akan mendatangkan hoki.
Tau ga sih sob, mitos-mitos yang selama ini dianggap biasa padahal sesungguhnya merupakan bentuk kesyirikan. Lha, bukannya syirik itu adalah menduakan Allah? Benar sekali! Kesyirikan bukan hanya pada menyembah selain Allah, tetapi juga paham atau kepercayaan yang menyimpang dari tuntunanNYA. Sebagian masyarakat tidak merasa bahwa apa yang diyakininya itu merupakan sebuah kemusyrikan, karena sikap permisif terhadap berbagai bentuk kesyirikan, juga faktor turun temurun yang sudah mendarah daging atau mungkin juga di sebabkan oleh kesamaran bentuknya, sehingga tepat sekali Rasulullah mengibaratkan kesyirikan itu seperti seekor semut hitam berjalan di atas batu hitam di tengah kegelapan malam.
Sobat..waspadalah, waspadalah terhadap mitos yang berkembang di tengah masyarakat karena semua itu dapat mengotori akidah, maka dari itu kita perlu menyingkirkan, membersihkan, dan  memusnahkannya.Nah ini beberapa mitos yang berkembang di tengah masyarakat ; adanya suara burung cingcuing pertanda adanya kematian atau suara tokek yang di hitungdengan bilangan tertentu akan mendatangkan hoki, adanya burung hantu yang jika hinggap di rumah seseorang akan mendatangkan kemalangan, adanya larangan bulan seseorang tidak boleh melakukan aktivitas tertentu biasanya dinamai hari baik dan hari buruk, ramalan bintang atau istilah gaulnya di sebut zodiak kebanyakan para remaja sering menggandrungi karena ingin mengetahui perjalanan cinta, keuangan. Dan juga percaya tentang hantu gentayangan yang arwahnya akan mengganggu orang yang masih hidup. jelas ini mengotori akidah umat.
Sobat..tengok deh  di dalam hadits dari Abu Hurairah ra. Bahwasanya Rasulullah bersabda : “Tidak ada ‘adwa (penularan), tidak ada tathayyur (mengundi nasib dengan burung) dan tidak ada hammah (burung hantu) dan tidak ada shaffar (larangan bulan atau hari)dalam riwayat muslim di tambahkan tidak ada nau’(rasi bintang) dan tidak ada ghul (hantu).”  (H.R. Bukhori dan Muslim).
Hadits di atas menegaskan bahwa Rasulullah melarang kita untuk percaya mitos karena semua itu adalah penyimpangan, sesat dan menyesatkan dan tidak membawa manfaat ataupun madharat bagi sesiapapun, hanya Allah yang dapat memberikan manfaat dan madharat kepada siapa saja yang Ia kehendaki. Dan hanya di tanganNYA lah kepemilikan segala sesuatu. Maka dari itu kita harus memiliki iman dan akidah yang kuat dengan bergantung kepada Allah semata.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.