Mari Membuat Telur Karet
sai Pernahkan anda menjatuhkan telur..??? bagaimana jadinya..? pecah bukan..? tapi pernahkah anda menjatuhkan telur seperti karet yang memantul..? tentu tidak ya..??namun dengan ilmu IPA kita bisa membuat kulit telur yang keras menjadi kenyal seerti karet. Bagaimana mungkin..? itulah pertanyaan yang ada dalam benak anda. Benar bukan..? nah untuk menjawabnya anda harus mencoba percobaan IPA ini, saya akan bagikan caranya supaya anda tidak salah. Sebelum melakukan percobaan kita siapkan dulu bahan-bahannya, seperti :
  • 2 butir telur ayam segar
  • 1 gelas air tawar
  • 1 gelas cuka
  • 1 buah mangkuk
tl Nah, jika semua sudah tersedia, mari kita memulai percobaan ini. Adapun langkahnya yaitu :
  1. Masukan 1 butir telur ayam ke dalam segelas air tawar, kemudian masukan telur yang satunya lagi kedalam segelas cuka. Telur yang ada di dalam gelas air tawar akan selalu berada di dasar gelas. Sedangkan telur yang berada di dalam gelas cuka akan bergelembung disekitarnya dan akan mengambang ke permukaan.
  2. biarkan kedua telur itu tetap berada di dalam gelasnya masing-masing selama 4 hari, supaya tidak bau cuka, gelas cuka bisa ditutup. Karena memang bau cuka sangat menyengat bukan karena yang lainnya dan tidak ditutup juga gak apa-apa. Kemudian tengoklah telur tadi di hari kelima, maka akan tampak perbedaan disini. Telur yang direndam di dalam air tawar akan tetap seperti semula, sedangkan telur yang direndam di dalam cuka akan kehilangan warnanya dan warna air cuka menjadi kotor. Kemudian keluarkanlah telur yang ada pada air tawar, tidak terjadi apa-apa kan pada telur itu..? telur itu seperti semula. Sekarang coba kita keluarkan telur yang direndam di dalam cuka, apa yang terjadi...?? kulit telur itu akan berubah dan telur menjadi lunak, lentur dan kenyal seperti karet.
Ambillah kedua telur itu dan bawa ke ruangan gelap, hey tapi jangan lupa membawa senter ya..! lalu tempelkan senter pada kedua telur itu dan lihatlah apa yang terjadi..? pada telur yang direndam air cahaya hanya akan membias sedikit ke dalam dan kalian kita tidak bisa mengamati isinya. Pada telur yang direndam air cuka, cahaya akan menembus kulit pelapis telur dan kitapun dapat mengamati isinya. 3. Nah sekarang coba kita ambil telur yang direndam di dalam air cuka dan jatuhkan ke dalam mangkok setinggi dua jengkal. Apa yang terjadi..? wah.....telur itu memantul ya seperti bola karet saja... Tapi apakah hal itu dapat sama terjadi pada telur yang direndam air tawar..??? pasti telur itu pecah bukan..?? mengapa demikian..?? padahal sama-sama telur ayam ya... Nah jawabannya adalah karena kulit telur dilapisi dengan kalsium karbonat dan kalsium ini bersenyawa denga cuka. Lama kelamaan akan larut dan hilang apabila di diamkan dalam waktu yang lama. Nah sahabat, bagaimana percobaannya unnik bukan..??? sekian dulu ya percobaan kali ini, lain kali saya akan bagikan percobaan yang lebih menarik. Sampai jumpa....

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.