Agama Yang Tidak Familiar Di Dunia
lambang-agama Agama merupakan suatu kepercayaan dan keyakinan akan adanya tuhan beserta ciptaanya yang kemudian firman-firman dari tuhan melalui kitab dan utusannya dijadikan pegangan, pedoman, dan panutan bagi seseorang yang menganut suatu agama. Berbicara soal agama berarti, berbicara masalah hati nurani, setiap orang atau tiap individu memiliki kebebasan untuk menganut agama yang di percayai sesuai dengan kata hati nuraninya, seseorang tidak bisa memaksa kehendak orang lain untuk memeluk suatu agama tertentu atau mencampuri urusan agama lain. Salah satu ayat dalam kitab umat islam yaitu Al-Qur’an menyebutkan “Agamamu agamamu, Agamaku agamaku” yang artinya seperti penjelasan sebelumnya bahwa seseorang tidak bisa memaksakan orang lain untuk mempercayai agama yang tidak di kehendakinya. Seseorang hanya sebatas bisa mengajak dan menyampaikan informasi dalam suatu agama dengan cara berdakwah. Di dunia ini ada banyak agama yang di anut masyarakat dunia dan yang paling familiar ialah agama Islam, Katolik,Protestan, Hindu dan agama Budha. Namun, selain kelima agama tersebut, terdapat banyak agama lain namun memang tidak terlalu familiar karena mungkin jumlahnya yang sedikit jadi tidak terlalu ke ekspos. Berikut agama-agama yang tidak familiar dikalangan masyarakat dunia.
  • Agama Baha’i
Agama baha’i merupakan agama yang didirikan Bahaullah pada abad ke 19. Agama ini lahir di negara iran yang saat ini di perkirakan penganutnya sudah lebih dari enam juta yang telah tersebar ke penjuru dunia. Namun, agama ini jumlahnya sangat sedikit jika di bandingkan dengan jumlah umat Islam, Kristen, Hindu dan Budha.
  • Agama Shinto
Diantara anda pasti banyak yang sudah mengetahui dari mana asal agama ini. ya, agama ini berasal dari negara jepang dan memang merupakan agama resmi dan agama asli masyarakat jepang sejak jaman Restorasi Meiji sampai dengan akhir perang dunia II. Shinto secara bahasa mempunyai arti jalan dewa. Ritual dalam agama ini yaitu menyembah matahari dengan menganggapnya sebagai dewi matahari atau Ameratsu Omikami. Dewi ini dianggap penganut agama shinto sebagai dewi kemakmuran.
  • Agama Shikisme
Agama sikhisme merupakan agama yang berasal dari punjab, India. Meski namanya kurang familiar, namun agama ini mempunyai penganut yang cukup banyak dan sudah tersebar di beberapa negara. Agama ini merupakan hasil perpaduan pengaruh antara islam sufi dan agama hindu.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.