Pelencing kangkung makanan eksotis pulau dewata







Makanan khas daerah bali, lombok, Sumbawa, Bima dan sekitarnya ini sangat digemari bukan hanya masyarakat setempat bahkan para pelancong baik dari dalam maupun luar negri. makanan yang berbahan dasar kangkung ini memiliki citarasa yang sangat khas menonjolkan ciri citarasa eksotis yang bisa membuat lidah anda ingin terus mencobanya. Perpaduan citarasa empuknya kangkung rebus asal lombok dengan rasa pedas cabe rawit dan asamnya jeruk limau akan sangat cook bila disandingkan dengan main course (hidangan utama) berjenis hewani seperti makan seafood ( ikan bakar, cumi bakar, ikan goreng, lobster dll).
Penduduk bali sering memasak hidangan ini dalam acara-acara besar seperti galungan dan hari raya lainnya.Jika kita perhatikan secara detail pelencing kangkung ini memiliki kesamaan dengan makanan khas sunda yang bernama urap kangkung atau rujak kangkung. cuma yang membedakan kedua makan tersebut adalah kalau pada urap terdapat tesktur parutan kelapa dalam sayuran tersebut sedangkan pada pelencing kangkung lebih pada penggunaan daun kecombrang yang merupakan ciri khas dari makanan tersebut.adapun bumbu yang di gunakan dalam pelencing kangkung ini diantaranya kacang tanah yang sudah digoreng, gula merah, cabe rawit, sedikit terasi yang telah di bakar, garam, tomat dan jeruk limau.
Cara-cara pembuatan pelencing kangkung :
Bahan-bahan
- kangkung lombok 1 ikat
bumbu:
- garam secukupnya/1 sdt
- gula merah secukupnya
- cabe rawit ( banyak nya di sesuaikan dengan selera pedasnya)
- terasi bakar
- tomat (4-5 buah tomat)
- jeruk sambal/ jeruk limau (1-2 buah)
cara pembuatan:
1. pertama-tama kangkung lombok di cuci hingga bersih, tapi sebelum di cuci air yang digunakan buat mencuci dikasih sedikit garam cucianya di kasih garam tujuanya agar warna hijau segar dari kangkung tersebut tetap terjaga dan juga menghilangkan pestisida yang menempel pada kangkung tersebut
2. didihkan air dalam panci, setelah mendidih sama halnya seperti saat mencuci beri sedikit garam dan kemudian masukan kangkung sekitar 3- 4 menit tiriskan kangkung tersebut.
3.bumbu yang perlu dihaluskan dengan cara di tumbuk adalah tomat, terasi, kacang tanah,gula merah hingga halus
4. siram bumbu tersebut pada kangkung rebus yang telah ditiriskan sajikan bersama ikan bakar akan menambah citarasa makanan anda menjadi istimewa bonapetit.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.