Ketika Wanita Tertindas, Siapakah Yang Salah…???

pr

Belakangan banyak kabar baik di televisi maupun media yang lainnya yang memberitakan tentang tindak kekerasan pada kaum wanita. Hal ini diperkuat dengan ramainya pemberitaan pembunuhan sadis Seorang perempuan di bandung dan membuat kaum wanita menjadi risih untuk bepergian sendiri apalagi pada malam hari. Kenapa bisa terjadi hal-hal seperti ini ....? apakah jaman sudah nista.?? Ataukah karena wanita lemah jadi mudah untuk dianiaya..??lalu kesalahan siapakah ini..??? dan itulah sebagian pertanyaan yang banyak keluar dari orang-orang yang menyaksikan atau mengetahui kabar seperti ini. Yang jelas ini bukanlah kesalahan siapa-siapa karena tidak perlu ada yang disalahkan. Kenapa bisa seperti itu..?? jawabannya karena tidak mungkin ada kebakaran kalau tidak ada api, jadi maksudnya adalah tidak mungkin ada akibat kalau tidak ada sebab.

Agama telah benar-benar membatasi ruang lingkup wanita, aturan yang mesti dijalani oleh setiap wanita, dan itu semua untuk kebaikan wanita itu sendiri. Akan tetapi, banyak wanita jaman sekarang yang tidak mengetahui hukum dan aturan yang diberlakukan khusus bagi wanita padahal agama telah memberikan perhatian khusus bagi wanita. Sebagai contoh agama telah menjamin untuk masuk syurga dengan mudah bagi wanita yang ta’at kepada suaminya, menjaga harga dirinya dan keluarganya, melaksanakan shalat,  dan berpuasa di Bulan Suci Ramadhan. Beda dengan laki-laki yang mempunyai tanggung jawab sebagai seorang kepala rumah tangga akan semakin berat untuk bisa masuk syurga.

Banyaknya kejahatan dan tindak kekerasan kepada kaum hawa adalah semata kesalahan wanita itu sendiri yang tidak memakai hukum syar’i dalam menjalankan kehidupannya. Ada banyak kasus kenapa kejahatan bisa dengan mudah datang pada wanita, salah satu penyebabnya adalah :

  1. Wanita berjiwa lemah dan mudah dirayu. Karena keterbatasan ekonomi banyak wanita yang merelakan harga dirinya padahal masih banyak pekerjaan yang halal yang bisa dilakukan wanita.
  2. Karena wanita selalu ingin jadi perhatian. Hal ini jelas sekali patal apabila tidak bisa menyaringnya. Banyak wanita yang tak menutup auratnya malah membuka-bukakan auratnya karena ingin diperhatikan, padahal hal itu yang mengundang tindak perkosaan.  Kemudian memakai perhiasan yang mewah itu juga mengundang penjambretan dan perampokan.
  3. Kurangnya pendidikan agama pada wanita sehingga membuat banyak wanita melupakan aturan main sebagai seorang wanita yang seharusnya lebih menjaga harga dirinya.

Jelaslah sudah  sebab dari banyaknya tindak kekerasan kepada kaum wanita adalah wanita itu sendiri. Hanya kembali kepada aturan agama lah yang akan membuat wanita merasa aman dan dihargai sebagai insan tuhan yang indah....

sd

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.