Faktor-Faktor Penyebab Korupsi
p4f26604d91ae3_korupsi-jatengMenurut saya, korupsi merupakan perbuatan curang yang merugikan Negara dan masyarakat luas dengan berbagai macam modus. Korupsi adalah suatu tindakan penyalahgunaan wewenang atau jabatan seseorang guna memenuhi kepentingan pribadi maupun orang lain dengan tidak sah sehingga hak-hak orang lain terenggut dan Negara pun ikut merugi.
Korupsi adalah suatu tindak pidana yang merugikan banyak pihak. Penyebab adanya tindakan korupsi sebenarnya bervariasi dan beraneka ragam. Akan tetapi, secara umum dapatlah dirumuskan, sesuai dengan pengertian korupsi diatas yaitu bertujuan untuk mendapatkan keuntungan pribadi atau orang lain secara tidak sah.
Mengutip teori yang dikemukakan oleh Jack Bologne atau sering disebut GONE Theory, bahwa faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya korupsi meliputi :
  • Greeds (keserakahan): berkaitan dengan adanya perilaku serakah yang secara potensial ada di dalam diri setiap orang.
  • Opportunities (kesempatan): berkaitan dengan keadaan organisasi atau instansi atau masyarakat yang sedemikian rupa, sehingga terbuka kesempatan bagi seseorang untuk melakukan kecurangan.
  • Needs (kebutuhan): berkaitan dengan faktor-faktor yamg dibutuhkan oleh individu-individu untuk menunjang hidupnya yang wajar.
  • Exposures (pengungkapan): berkaitan dengan tindakan atau konsekuensi yang dihadapi oleh pelaku kecurangan apabila pelaku diketemukan melakukan kecurangan.
Faktor-faktor Greeds dan Needs berkaitan dengan individu pelaku (actor) korupsi, yaitu individu atau kelompok baik dalam organisasi maupun di luar organisasi yang melakukan korupsi yang merugikan pihak korban. Sedangkan faktor-faktor Opportunities dan Exposures berkaitan dengan korban perbuatan korupsi (victim) yaitu organisasi, instansi, masyarakat yang kepentingannya dirugikan.
Menurut saya, berikut beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya tindak korupsi, diantaranya adalah:
  • Adanya faktor intern
  • Faktor ekstern
Faktor intern penyebab korupsi adalah diri individu si pelaku korupsi. Faktor intern meliputi hasrat diri pribadi, keinginan, kehendak, kurangnya pendidikan, lemahnya etika, dan sebagainya. Sedangkan faktor rangsangan dari luar atau ekstern meliputi dorongan dari teman-teman, kesempatan, kurang kontrol, lemahnya hukum yang ada, kemiskinan, tradisi untuk menambah pendapatan yang kurang dari pejabat pemerintah dengan upeti atau suap dan sebagainya.
Negara ini akan bisa lebih baik ini jika tingkat korupsinya berkurang atau tidak ada sama sekali. Pendidikan dari usia dini akan menanamkan moral yang baik sehingga moral bangsa pun akan lebih baik lagi.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.