Pola Hidup Sehat untuk Kulit Kering dan Gatal

Mengatasi kulit kering dan gatal tidak hanya mengandalkan perawatan dari luar saja, melainkan dengan menjalani gaya hidup sehat. Berikut beberapa kebiasaan sehat yang dapat dilakukan yang dapat membantu kamu  mengatasi kulit kering dan gatal :

  1. Minum Air Yang Cukup Mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup setiap hari sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit dari dalam sehingga mengatasi dehidrasi karena memperburuk kondisi kulit kering dan gatal [1]. Pastikan kamu minum setidaknya delapan gelas air setiap hari agar tubuh tetap terhidrasi begitu juga dengan kulit.
  2. Makanan sehat itu baik. Makanan kaya omega-3 seperti ikan salmon, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat membantu menjaga kesehatan kulit karena omega-3 memiliki sifat anti inflamasi yang baik untuk kulit [2]. Pastikan juga untuk memperbanyak makan buah dan sayur yang memiliki vitamin dan mineral yang dapat bermanfaat bagi kulitmu.
  3. Hindari Mandi Air Panas, Mandi dengan air panas dapat menghilangkan minyak pada kulit sehingga membuatnya kering dan gatal. Gunakan air hangat dan sabun agar kulit kamu tetap lembab [3]. Hindari juga mandi terlalu lama karena dapat memperburuk kondisi bagi mereka yang memiliki kulit kering.
  4. Gunakan pelembab, Penggunaan pelembap secara teratur dapat membantu menjaga kelembaban kulit mu. Pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kamu dan tidak mengandung pewangi atau bahan kimia keras— hal ini dapat menyebabkan iritasi dan menggagalkan tujuannya.
  5. Jauhi pakaian ketat dan bahan sintetis, Mengenakan pakaian ketat berbahan sintetis dapat memperburuk kulit kering dan gatal. Pilihlah pakaian longgar yang terbuat dari bahan alami seperti katun yang lembut di kulit.

Semoga beberapa hal yang dapat membantu dalam mengatasi kulit kering dan menjaga kesehatan kulit di atas dapat membantu. Gaya hidup sehat dapat sangat menjadi faktor utama dalam mengatasi kulit kering dan gatal. Cobalah untuk menerapkan kebiasaan-kebiasaan di atas untuk kulit yang lebih sehat.

Jika kamu sering mengalami gatal-gatal pada kulit karena kulit kering, coba gunakanlah handbody Aveeno® Skin Relief Moisturizing Body Lotion,dengan kandungan natural shea butter dan Triple Oat Complex, yang bisa menyerap secara cepat dan terbukti secara klinis dapat menenangkan kulit sensitif dan ekstra kering, melembapkan kulit selama satu hari tanpa pewangi.

    Referensi:
  1. "The Role of Hydration in Skin Health." Journal of Clinical Dermatology, 2020.
  2. "Diet and Skin Health." International Journal of Dermatology, 2019.
  3. "Effects of Hot Water on Skin Barrier Function." Skin Research and Technology, 2021.
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *