Cara Sederhana Menghemat Listrik Aplikasi Jenius

Hampir seluruh lapisan masyarakat menggunakan listrik untuk menyokong kehidupan mereka terutama untuk meringankan pekerjaan mereka. Mulai dari lampu, kulkas, mesin cuci dan masih banyak peralatan listrik lainnya. Maka jangan heran jika tagihan listrik mereka membengkak, karena begitu banyak peralatan listrik yang digunakan.

Namun jangan khawatir karena kini ada Jenius yang dapat mempermudah kita melakukan cek tagihan listrik. Sebenarnya ada cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghemat listrik, diantaranya:

cek tagihan listrik
cek tagihan listrik
  • Memanfaatkan sinar matahari

Sinar matahari merupakan salah satu sumber energi alami yang memiliki manfaat untuk segala hal. Jika kita jeli dalam memanfaatkannya, maka setidaknya kita dapat menghemat hampir 50% daya listrik. Caranya dengan membiarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan di pagi hingga sore hari. Sehingga anda tidak perlu menyalakan lampu disiang hari. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan panas matahari untuk mengeringkan pakaian, sehingga tidak perlu menggunakan mesin cuci untuk mengeringkannya.

  • Ganti lampu yang boros listrik dengan yang hemat daya

Cara yang kedua anda dapat mengganti lampu yang boros listrik dengan yang hemat daya. Lampu jenis hemat daya memang dibandrol dengan harga yang mahal. Namun jika dihitung-hitung hal itu lebih murah dan hemat secara keseluruhan. Jika dirasa berat, anda dapat menggantinya secara bertahap, misalnya ruang kamar terlebih dulu yang sering dinyalakan di malam hari.

  • Matikan lampu pada saat-saat tertentu

Sebaiknya anda harus tahu bahwa gunakanlah listrik pada saat diperlukan saja. Misalnya di siang hari, karena sudah terang dengan sinar matahari, lebih baik lampu dimatikan saja. Selain itu jika anda dan keluarga menggunakan suatu ruangan lebih baik ruangan lainnya dimatikan saja. Tidak hanya itu, sebaiknya anda jangan menggunakan lampu hias yang memiliki bohlam terlalu banyak. Pemakaian seperti ini tentunya membuat tagihan listrik anda semakin boros.

Itulah beberapa cara sederhana untuk menghemat listrik. Gunakanlah Jenius yang akan mempermudah anda dalam hal pembayaran dan cek tagihan listrik rumah anda.