Inilah Tahapan Anak Belajar Bicara

Disadari atau tidak sebenarnya anak sudah mulai mendengarkan orang tuanya berbicara sejak dia masih berada di dalam kandungan. Saat hamil biasanya sang ibu akan sering mengajak bicara sambil mengelus perutnya. Sehingga bisa dikatakan bahwa ibu sudah mulai menstimulasi anak berbicara sejak sebelum dia lahir. Setelah lahir akan ada tahapan dimana anak belajar bicara sesuai usianya.

Secara umum memang kita baru akan bisa mendengarkan si kecil bicara menjelang usianya mencapai 1 tahun. Hanya saja sebelumnya sebenarnya ada tahapan yang telah dilaluinya sebagai berikut.

Tahapan Kemampuan Bicara Pada Anak

Usia 1-3 Bulan

Meskipun pada usia ini anak belum bisa mengeluarkan sepatah kata tetapi sebenarnya si kecil sudah merespon suara yang didengarkannya. Pada fase ini cara anak belajar bicara dengan menangis, bergumam atau dengan mengacu terutama saat ada yang mengajaknya berkomunikasi. Kadangkala si kecil menanggapinya dengan cara menggerakkan tangan dan kaki atau dengan tersenyum.

Usia 4-7 Bulan

Inilah masa dimana anak akan mulai bisa menirukan suara yang dia dengarkan. Anak juga mulai akan memainkan nada dengan meninggikan atau merendahkan suaranya sesuai dengan mood yang dia rasakan. Inilah masa yang tepat bagi orang tua untuk mulai mengenalkan objek atau benda-benda yang ada disekitarnya. Anda bisa menggunakan buku cerita bergambar sebagai media pembelajaran.

Usia 8-12 Bulan

Pada rentang usia 8 bulan hingga menginjak usia 1 tahun si kecil sudah mulai mengenal kata yang abstrak. Yang dimaksudkan disini adalah si kecil mulai memahami kata-kata yang disertai dengan gerakan seperti misalnya jika ibu menggelengkan kepala anak akan mengerti itu artinya tidak atau jangan.

Akan lebih banyak kata-kata dan kalimat yang dipahami olehnya pada masa anak belajar bicara di fase ini. Bahkan beberapa anak sudah bisa memahami perintah yang dikatakan oleh orang tuanya. Sebagai contoh saat sang bunda mengatakan cium pipi maka si kecil akan melakukannya. 

Pada tahapan usia ini juga anak sudah memiliki kemampuan untuk mengikuti irama. Menjelang usia 1 tahun inilah anak juga mulai bergumam.