Menghilangkan Kantung Mata Hitam

Selain untuk melihat ternyata mata juga memiliki peranan penting dalam kecantikan seseorang. Namun pada bagian mata sering kali terjadi beberpa maslah penyakit mata. Salah satu yang menjadi maslah dalam kecantikan yaitu kantung mata. Untuk itu berikut cara menghilangkan kantung mata.

Cara mengatasi / menghilangkan kantung mata hitam (mata panda) di wajah sebenarnya cukup mudah, Anda cukup mengikuti tips berikut dibawah:

1. Berhenti merokok dan menghindari asap rokok

Racun dalam rokok memicu peningkatan enzim “matriks metalloproteinase” yang menyebabkan penipisan dan hilangnya elastisitas kulit serta menimbulkan keriput. Merokok juga menyebabkan berkurangnya aliran darah (iskemia) yg mengakibatkan kulit kekurangan oksigen dan nutrisi yang pada akhirnya membuat kantung mata menjadi gelap dan warna kulit kusam. Asap rokok juga meninggalkan akumulasi zat beracun dalam lapisan kulit, dan bila hal tersebut berlangsung terus-menerus; kulit Anda akan terlihat keabu-abuan dan selalu terasa kering.

2. Jangan lupa menggunakan tabir surya

Hindari sinar matahari langsung pada siang hari terutama jam 11.00 sampai 14.00, karena radiasi sinar matahari bisa merusak kolagen kulit dan elastisitas kulit tipis di sekitar mata. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 pada wajah terutama di daerah bawah mata setiap pagi sebelum memulai hari untuk membuat kulit lembab, sehat dan tidak kering. Tips dan Trik menyarankan agar Anda memilih tabir surya yang diformulasikan khusus dan aman untuk kulit sensitif sekitar mata.

3. Gunakan kacamata hitam

Bila Anda terpaksa harus berada di luar ruangan dan terpapar langsung dengan sinar matahari yg terik maka kulit sekitar mata akan terekspos langsung dengan sinar matahari yang mengandung radiasi ultraviolet A dan B. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk melindungi kulit di sekitar mata dengan memakai kacamata hitam (berwarna gelap).

4. Kurangi konsumsi alkohol

Minuman beralkohol berkadar tinggi adalah musuh bagi organ tubuh manusia. Konsumsi alkohol berlebihan dan secara teratur menyebabkan retensi cairan pada ginjal dan hati yang menyebabkan pelebaran dan pembesaran pembuluh darah. Dan bila hal ini terjadi, bukan hanya organ tubuh saja yang rusak, tapi juga menyebabkan kantong mata menghitam. Salah satu penyebab terjadinya lingkaran hitam di sekitar mata dikarenakan terganggunya kinerja organ-organ tubuh, itulah mengapa kebanyakan pecandu alkohol mengalami lingkaran hitam di bawah mata dan juga mata sembab.

5. Kenali gejala alergi

Periksa jika Anda memiliki alergi shinner (ditandai dengan penggelapan kantung mata dan bengkak di bawah mata) yang disebabkan oleh pemampatan di daerah sinus yang mempengaruhi aliran darah di sekitar mata. Penyebab alergi ini antara lain adalah debu, perubahan cuaca ekstrim, bahan kimia tertentu, dan bahan makanan tertentu. Jadi kalau Anda sudah melakukan tips “menghilangkan kantung mata hitam” di artikel ini namun tidak berhasil maka sebaiknya lakukan tes alergi dan hindari faktor-faktor yang membuat kambuhnya alergi.